Tur Jalanan Musisi Jazz Surabaya Meriahkan Ngabuburit di Titik Nol Yogyakarta – Travel Tempo.co

atau cari berdasarkan hari
Komunitas jazz asal Surabaya bermain musik di atas mobil caravan sembari mengajak wisatawan ngabuburit di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Tempo/Pribadi Wicaksono
TEMPO.CO, Jakarta – Sebuah mobil jenis karavan yang tampak dipenuhi alat musik mulai gitar, bass, drum, saksofon hingga trambon terparkir di jalur lambat depan Kantor Bank Indonesia, kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Senin sore, 18 April 2022.
Sekitar satu jam sebelum buka puasa, orang-orang yang kebetulan berada di kawasan jantung wisata Yogyakarta itu mulai berdatangan mendekat ke karavan itu. Mereka terpancing alunan musik jazz yang dimainkan secara energik beberapa orang di mobil karavan itu.
Para pemain jazz itu ternyata rombongan musisi asal Surabaya Jawa Timur yang tengah menggelar tur jalanan menggunakan mobil van sebagai panggung berjalannya. Musisi itu berasal dari kelompok Surabaya Pahlawan Jazz.
“Kedatangan kami di Yogya ini bagian kami mengenalkan musik jazz di Indonesia, salah satunya dengan cara bermain di atas mobil caravan ini,” kata pegiat dari Surabaya Pahlawan Jazz, FX Boy di sela pertunjukkan itu.
Boy mengatakan bermain menggunakan panggung berjalan lewat mobil caravan ini merupakan terobosan agar musisi dan komunitas jazz terhindar dari kevakuman terlalu lama akibat pandemi Covid-19. “Ratusan pegiat jazz di tanah air terdampak akibat pandemi, sehingga kami berinisitif menggelar safari ramadhan ke berbagai kota untuk mengajak kembali para musisi berkolaborasi,” kata dia.
Sebelum mampir untuk tampil di Yogya, sebelumnya rombongan yang terdiri dari 18 musisi itu lebih dulu tampil di Malang dan Kediri Jawa Timur. “Besok (19 April) kami tampil di Semarang, di atas mobil caravan juga,” kata Boy yang tergabung dalam Komunitas Jazz Indonesia itu.
Boy menuturkan pada 2022, komunitas jazz di Surabaya siap menggelar dua even besar, yakni Tanjung Perak Jazz dan Surabaya Jazz Festival.
Adapun Ketua Surabaya Entertainment Club (SEC) Indah Kurnia selaku penggagas panggung jazz mobil caravan yang membawa rombongan itu menuturkan pagelaran musik jazz tersebut sebenarnya sudah digagas saat awal pandemi Covid-19 di Indonesia pada 2020.
Saat itu, masyarakat khususnya para musisi benar-benar kehilangan panggung karena berbagai kebijakan pembatasan yang dilakukan pemerintah baik pusat ataupun daerah. “Padahal musisi itu tak hanya butuh panggung sebagai tempat mengais rejeki, tapi juga ekspresi mereka, jadi sangat vital,” kata Indah yang juga merupakan anggota Komisi XI DPR RI itu.
Indah mengatakan ketika panggung dilarang digelar, di satu sisi para musisi juga tidak mendapat jaminan sosial karena mereka tidak masuk kategori berpenghasilan rendah. “Lalu kami rancang dan buat panggung berjalan di atas van seperti ini, dengan sistem outdoor. Jadi panggung berjalan ini tinggal diisi alat musik, soundsystem, lighting, lengkap dan bisa dibawa kemana saja serta siap manggung kapan saja,” ujarnya. 
Awalnya, jazz di atas van ini berkeliling di kawasan Surabaya dan sekitarnya. “Lalu kami inisiatif mengenalkan juga ke berbagai kota sembari berkolaborasi dengan musisi lintas daerah khususnya jazz,” kata Indah.
Kepala Bank Indonesia (BI) DI Yogyakarta Budiharto Setyawan yang turut menyaksikan pertunjukan jazz di atas caravan itu mengatakan kawasan Titik Nol Kilometer selama ini masih menjadi ikon dan titik strategis Yogya. Sebab lokasi itu jadi pusat berkumpulnya wisatawan, khususnya yang menyambangi Malioboro. “Pertunjukan seperti ini sekaligus menjadi gambaran bagi wisatawan, bahwa Yogya sudah siap menerima kunjungan asalkan tetap patuh protokol kesehatan,” kata dia.
Baca jugaLibur Lebaran, Pengelola Destinasi Wisata Yogyakarta Boleh Bikin Atraksi
Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Tempo.co Update untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram lebih dulu.
 
 
Dapatkan ringkasan berita eksklusif dan mendalam sesuai dengan topik pilihan Anda dengan membaca newsletter pilihan Tempo
Pilih Topik
Kementerian Ketenagakerjaan membuka Posko THR untuk layanan pengaduan. Pos tersebut bisa diakses secara online maupun offline.
Tempo Media Group © 2017

source

× Pesan Travel