Survei Pegipegi: 80 Persen Perantau Mudik Lebaran 2022 – Travel Tempo.co

atau cari berdasarkan hari
Ilustrasi pemudik di stasiun Gambir. TEMPO / Hilman Fathurrahman W
TEMPO.CO, Jakarta – Agen travel online Pegipegi melakukan survei preferensi mudik Lebaran 2022 kepada lebih dari 600 responden di seluruh Indonesia. Dari survei itu, sebanyak 80 persen responden menyatakan akan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini.
Terdapat sepuluh kota tujuan mudik favorit, yakni Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bandung, Semarang, Padang, Purwokerto, Palembang, Medan, dan Malang. Vice President of Commercial and Marketing Pegipegi, Ryan Kartawidjaja mengatakan, momentum Lebaran tahun ini sudah ditunggu-tunggu masyarakat dalam dua tahun terakhir.
“Kami optimis masyarakat sangat antusias untuk mudik dalam Ramadan tahun ini,” kata Ryan dalam konferensi pers daring pada Kamis, 14 April 2022. Artinya, menurut dia, tren pariwisata juga akan mengalami peningkatan. “Kami menyambut kesempatan ini dengan menyiapkan kemudahan akses travelling untuk mudik kepada seluruh pelanggan.”
Pada kesempatan itu, Ryan menyampaikan program Festival Hilir Mudik dari Pegipegi yang berlangsung pada 18 April sampai 6 Mei 2022 dengan beragam diskon. Pegipegi, menurut dia, terhubung dengan lebih dari 230 maskapai domestik dan internasional, lebih dari 110 ribu pilihan akomodasi di dalam dan luar negeri, lebih dari 1.600 rute perjalanan kereta api di Indonesia, serta lebih dari 290 pilihan bus dan travel. Selama periode Lebaran nanti, Ryan menyatakan, Pegipegi menargetkan peningkatan hingga sepuluh kali lipat dibandingkan tahun lalu.
Konferensi pers virtual agen travel online Pegipegi tentang hasil survei mudik Lebaran 2022 pada Kamis, 14 April 2022. Dok. Pegipegi
Beberapa hal yang mempengaruhi antusiasme masyarakat untuk mudik, antara lain angka penyebaran Covid-19 yang melandai, vaksinasi merata, sehingga berpengaruh terhadap kebijakan pemerintah dalam melonggarkan syarat perjalanan. Relaksasi kebijakan ini, Ryan melanjutkan, menjadi momentum percepatan pemulihan pariwisata.
Survei Pegipegi tersebut juga menunjukkan, dari seluruh responden, hanya 25 persen orang yang mudik pada tahun lalu. Sebanyak 35 persen mereka yang akan pulang ke kampung halaman pada tahun memilih pesawat sebagai transportasi mudik, disusul 35 persen lainnya yang memilih mobil pribadi. Kereta api, bus, dan kendaraan travel menjadi alternatif transportasi mudik masyarakat.
Vice President Marketing and Distribution Channel PT Citilink Indonesia, Amalia Yaksa optimistis 2022 akan menjadi tahun kebangkitan pariwisata Indonesia. “Kebangkitan pariwisata Indonesia tidak terlepas dari kolaborasi di antara pelaku industri pariwisata Indonesia, salah satunya kolaborasi Citilink dan Pegipegi,” katanya. Sebab itu, Citilink menyediakan promo khusus Ramadan, melakukan penyesuaian frekuensi penerbangan sesuai permintaan penumpang dan ketersediaan armada, hingga memastikan On Time Performance atau OTP tetap terjaga dengan baik di tengah padatnya operasional penerbangan selama libur Lebaran, serta mengutamakan keselamatan dan keamanan.
Director of Marketing Communications of Artotel Group, Yulia Maria mengatakan, pada periode libur Lebaran, tren pemesanan hotel juga akan mengalami peningkatan seiring dengan kebutuhan travelling yang semakin meningkat. “Saat ini, kami mulai melihat kenaikan pemesanan hotel sebanyak 50 persen pada periode Lebaran,” ujarnya.
Baca juga:
7 Rekomendasi Destinasi Wisata untuk Weekend Getaway di Jabodetabek
Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Tempo.co Update untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram lebih dulu.
 
 
Dapatkan ringkasan berita eksklusif dan mendalam sesuai dengan topik pilihan Anda dengan membaca newsletter pilihan Tempo
Pilih Topik
Ade Armando mengalami pengeroyokan saat berada di demo 11 April 2022. Polisi sudah mengantongi empat nama pelaku yang ternyata bukan mahasiswa.
Tempo Media Group © 2017

source

× Pesan Travel