Mau Traveling? Ini 7 Bandara di Jawa Timur – IDN Times Jawa Timur

Regional
Kategori
Event
Channels
DOWNLOAD IDN APP SEKARANG!
Banyak transportasi yang dapat kalian gunakan untuk traveling. Apalagi jika tujuannya di Jawa Timur, yang mana merupakan provinsi terluas di Pulau Jawa dan memiliki kekayaan alam yang beragam. Contoh transportasinya adalah motor, mobil, bus, kereta api, hingga pesawat terbang. Dari banyaknya pilihan transportasi tersebut, kalian dapat memilih transportasi yang praktis dan efektif, yaitu pesawat terbang. Meskipun dinilai mahal, transportasi yang satu ini dapat membawa kalian ke tempat tujuan secara cepat, sehingga dapat menghemat waktu yang kalian punya. Berikut adalah 7 bandara yang ada di Jawa Timur.
Bandara pertama terletak di ujung Barat Provinsi Jawa Timur, tepatnya di Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan. Tapi bandara ini tidak dibuka untuk melayani penerbangan umum ataupun komersial, namanya Pangkalan Udara TNI AU Iswahyudi. Sesuai dengan namanya, bandara yang dibangun pada tahun 1939 ini hanya digunakan oleh TNI AU (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara).
Meskipun berada di Magetan, bandara ini lebih dikenal dengan pelabuhan udara yang berlokasi di Madiun. Sebab, seluruh aset yang ada di bandara ini dikelola oleh Pemerintah Kota Madiun. Bandara ini merupakan landasan udara tipe A, yang mana berada di bawah Komando Operasi Angkatan Udara II.
Baca Juga: 5 Air Terjun Tertinggi di Jawa Timur, Pemandangannya Eksotis!
Beralih ke agak tengah bagian Jawa Timur, yaitu Kediri. Kota tahu ini juga memiliki bandara yang dibangun oleh pabrik rokok ternama Indonesia, PT. Gudang Garam.Tbk. Lapangan luas ini diperuntukkan kepada korporasi, evakuasi medis, perjalanan pribadi, tur wisata, dan lain sebagainya.
Bandara yang dikelola oleh Surya Air ini baru saja dibangun tidak lama ini. Pembangunan ini selesai di tahun 2022 ini. Harapannya, bandara yang terletak di Jl. Raya Gampeng No 443, Kediri ini dapat menjadi sebuah pengembangan di Jawa Timur.
Selanjutnya ada Bandara Udara Harun Thohir, yang disebut juga dengan Bandar Udara Bawean. Sebab bandara ini berlokasi di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik. Pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata. Maka dari itu dibangunlah bandara ini untuk memfasilitasi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alamnya.
Bandara yang diresmikan pada tahun 2016 ini hanya melayani penerbangan dari dan ke Surabaya, karena runway di bandara ini sulit diperpanjang. Tak hanya itu, bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I ini tidak bisa berstatus bandara internasional.
Ibu kota Jawa Timur, yaitu Surabaya, juga memiliki bandara yang sangat terkenal. Namanya adalah Bandara Internasional Juanda. Sesuai dengan namanya, bandara ini tidak hanya melayani penerbangan domestik, melainkan juga penerbangan internasional.
Hingga saat ini, Bandara Juanda memiliki dua terminal yang beroperasi, yaitu Terminal 1 dan Terminal 2. Hal ini dikarenakan Terminal 1 telah mengalami overload. Terminal yang dibuka pada tahun 2006 ini berada di sebelah udara landasan pacu. Kemudian 5 tahun kemudian dibangunlah Terminal 2 untuk membantu ramainya jadwal penerbangan. Terminal ini digunakan oleh maskapai Garuda Indonesia, Indonesia AirAsia, Indonesia AirAsia X, Merpati Nusantara, Sriwijaya Air, dan Tigerair Mandala, serta beberapa maskapai Internasional.
Jika ingin berkunjung ke Kota Apel dengan cepat, maka kalian perlu memesan tiket penerbangan dengan tujuan Bandara Abdul Rachman Saleh. Bandara ini terletak di Jl. Komodor Udara Abdul Rachman Saleh, Kabupaten Malang.
Bandara yang dulunya lebih dikenal dengan nama Lapangan Terbang Bugis ini memiliki dua landasan pacu. Yang pertama untuk pesawat berbadan kecil dengan panjang 1.500 meter, seperti Hercules C-130. Sedangkan landasan pacu lainnya untuk pesawat berbadan besar yang memiliki panjang 2.300 meter, misalnya seperti Boeing 737. Bandara ini memiliki 7 maskapai penerbangan domestik dengan tujuan Banyuwangi, Yogyakarta, Jakarta, dan Denpasar.
Berikutnya terdapat Bandara Notohadinegoro yang berlokasi di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember. Bandara yang telah beroperasi sejak tahun 2014 ini melayani penerbangan dari dank e Bandara Internasional Juanda, Surabaya. Meski jarak dari Jember ke Surabaya tidak terlalu jauh, pesawat dapat menghemat waktu kalian dalam perjalanan.
Bandara Notohadinegoro memiliki satu bangunan yang terdiri dari kantor otoritas bandara, terminal keberangkatan, terminal kedatangan, dan counter penjualan tiket pesawat. Terdapat 3 maskapai yang ada di bandara ini, yaitu Garuda Indonesia, Citilink, dan Susi Air.
Bandara yang terakhir terletak di ujung timur Jawa Timur, yaitu Banyuwangi. Dulunya bernama Bandara Blimbingsari, namun pada tahun 2017 lalu telah berubah menjadi Bandara Banyuwangi. Bandara ini merupakan satu-satunya bandara yang mengusung konsep green airport di Indonesia. Bandara ini hampir tidak menggunakan AC sebab banyak sirkulasi udara yang baik. Bangunannya berkonsep rumah tropis dengan mini sekat yang berbahan material kayu.
Bandara yang beroperasi pada tahun 2010 ini memiliki 7 maskapai, yaitu Air Asia, China Airlines, Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, NAM Air, dan Wings Air. Landasan pacunya memiliki ukuran sepanjang 2.250 meter, yang akan diperpanjang 250 meter lagi.
Baca Juga: 10 Destinasi Wisata yang Cocok untuk Pre Wedding di Jawa Timur 2022
IDN Times Community
Stella Azasya
Stella Azasya
Izza Namira
Klara Livia
kamu sudah cukup umur belum ?

source

× Pesan Travel