Liburan ke Malaysia Tak Perlu Karantina Mulai 1 April, Ini 4 Syaratnya – Kompas.com – Kompas.com

Liburan ke Malaysia Tak Perlu Karantina Mulai 1 April, Ini 4 Syaratnya
BANDUNG, KOMPAS.com – Buat kamu yang kangen jalan-jalan, pemerintah Malaysia mempermudah perjalanan wisatawan ke negeri Jiran. Mulai 1 April 2022, wisatawan tidak perlu lagi menjalani karantina.
“Kebijakan ini berlaku mulai 1 April 2022,” ujar Direktur Deputi Malaysia Tourism Promotion Board, Haryanty Abu Bakar dalam konferensi persnya di Bandung, Rabu (23/03/2022).
Baca juga:
Selain itu, per 1 April 2022, pemerintah Malaysia akan membuka seluruh akses wisatawan yang ingin berlibur kesana, baik lewat jalur udara, laut, dan darat. Sebab, selama ini pihaknya hanya membuka satu pintu, yakni melalui Bandara Langkawi.
Meski aturan karantina bagi wisatawan sudah tak berlaku, namun ada sejumlah aturan yang disiapkan oleh Pemerintah Malaysia, di antaranya:

Batu Caves, Malaysia.PEXELS/NICO CEZAR Batu Caves, Malaysia.

Melalui kebijakan ini, Haryanty berharap jumlah kunjungan wisatawan dari Indonesia ke Malaysia meningkat.
Pada 2020, jumlah kunjungan orang Indonesia ke Malaysia hanya sekitar 711.000 orang. Itu pun untuk perjalanan pekerja dan mahasiswa.
Sedangkan jumlah orang Malaysia yang masuk ke Indonesia pada tahun yang sama mencapai 980.000 orang.
Baca juga:
Sementara itu, Koordinator Divisi Outbond Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Jawa Barat, Nico Darmawan Effendi mengatakan, hingga kini bandara dari Jawa Barat belum menerima penerbangan internasional.
Jadi, masyarakat yang ingin berlibur ke Malaysia harus terbang lewat bandara di Jakarta atau Bali. Begitu pula sebaliknya.
Baca juga:
Ia berharap Bandara Husein Sastranegara Bandung dapat segera membuka kembali penerbangan internasional, sehingga wisatawan Malaysia pun bisa langsung datang ke Bandung.
“Karena ini juga akan menaikkan perekonomian di Bandung dan Jabar,” pungkasnya.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Kunjungi kanal-kanal Sonora.id
Motivasi
Fengshui
Tips Bisnis
Kesehatan
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source

× Pesan Travel