DPRD DKI Soroti Direksi Baru Ancol, Kenapa Semuanya Eks Karyawan Pembangunan Jaya – Wartakota

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTADPRD DKI Jakarta menyoroti empat direksi baru PT Pembangunan Jaya Ancol (PJA) Tbk yang merupakan mantan karyawan dari PT Pembangunan Jaya semua.
Meski keduanya adalah perseroan milik daerah, namun Pemprov DKI Jakarta selaku pemilik saham terbesar harusnya bisa mengatur komposisi Direksi dan Komisaris.
Hal itu dikungkapkan anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli (MTZ).
Pria yang juga menjadi Sekretaris I Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta ini menilai, komposisi Komisaris dan Direksi perseroan telah diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Ancol, termasuk di dalam Perda.
“Pemilik saham PT Pembangunan Jaya Ancol itu adalah Pemda DKI Jakarta 72 persen, PT Pembangunan Jaya 18 persen dan masyarakat 10 persen. Diatur dalam AD/ART tersebut, bahwa Jaya dan Pemda DKI Jakarta berbagi dalam jabatan-jabatan di Komisaris dan Direksi,” kata MTZ pada Jumat (19/8/2022).
“Setahu saya diatur, bahwa Direksi dan Komisaris Ancol tidak semua didominasi oleh orang Jaya. Tapi dari luar juga atau orang dari Ancol yang memang murni (berkarir) di Ancol,” lanjutnya.
Baca juga: HUT ke-77 RI, Sea World Ancol Kibarkan Bendera Merah Putih di Dalam Akuarium Raksasa
MTZ meyakini, jika Pemprov DKI memikirkan komposisi ini, tentu Ancol akan memikirkan kepentingan warga Jakarta, dan tidak semata-mata bisnis saja.
Apalagi perseroan dibentuk tidak hanya untuk mencari profit saja, tapi mengutamakan pelayanan bagi masyarakat Jakarta.
“Saya melihat susunannya yang sekarang ini dari info yang saya dapat kayaknya kurang baik juga. Mereka (eks) orang Pembangunan Jaya semua, kalau tidak salah seperti itu,” ujar MTZ.
Dia menyarankan kepada Pemprov DKI Jakarta dalam penunjukkan Direksi maupun Komisaris menggunakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang benar.
Dengan begitu, aset Pemerintah DKI dapat dikelola dengan baik dan memberikan pendapatan asli daerah (PAD) yang besar.
“Misalnya Ancol ini kan destinasi Wisata yang punya aset besar dan kesempatan besar untuk maju menjadi tempat destinasi wisata yang digandrungi oleh orang-orang seluruh Indonesia,” jelas MTZ.
Baca juga: ARTIS ULTAH: Paramitha Rusady Genap 55 Tahun, Gelar Syukuran hingga Ajak Yatim Piatu ke Ancol
Meski demikian, MTZ berharap perombakan seluruh Direksi ini bisa memberikan kemajuan bagi Ancol.
Apalagi saat pandemi Covid-19 lalu, destinasi wisata ini merugi karena ditutup pemerintah untuk mencegah penularan virus antarpengunjung.

source

× Pesan Travel