Desa Pasanggar Pamekasan Bakal Jadi Desa Wisata Buah, Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat – Tribun Jatim Travel

Laporan Wartawan Tribun Jatim Travel, Kuswanto Ferdian 
TRIBUNJATIMTRAVEL.COM, PAMEKASAN – Desa Pasanggar, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Madura bakal menjadi desa wisata buah. Pihak desa tengah mengembangkan tanaman buah melon dengan luas sekitar 2 hektar.
Harapan tanaman melon tersebut nantinya menjadi sumber perekonomian warga Desa Pasanggar, Pamekasan, Madura sebagaimana cita-cita Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam agar masing-masing desa memiliki tema untuk desa wisata di Madura.
Budidaya tanaman melon yang berada di Dusun Sanggar II Desa Pasanggar itu nantinya akan diproyeksikan sebagai desa wisata petik melon atau desa wisata buah.
“Tergantung nanti eksis tidaknya dari desa, bagaimana desa itu mengembangkan nanti, bisa menjadi desa wisata petik melon,” kata Camat Pegantenan Abdul Munif, Jum’at (14/10/2022).
Baca juga: Menilik Keindahan Wisata Gili Iyang di Sumenep Madura, Pulau Oksigen Tertinggi Kedua di Dunia

Sehingga, perputaran uang di desa tidak hanya dari penjualan melon, melainkan kunjungan wisatawan, dan efek ekonomi lainnya.
“Nanti bisa dijadikan desa tematik, kalau sudah jadi desa tematik, nantinya akan ada bimbingan dari dinas terkait. Sehingga pengembangannya lebih maksimal,” inginnya.
Kini, pihaknya telah meminta pemerintah desa setempat agar mengembangkan buah-buahan lainnya agar menarik minat orang luar Desa Pasanggar untuk berkunjung.
Sehingga, Desa Pasanggar benar-benar menjadi desa wisata buah yang dapat memanjakan pengunjung.
“Misalnya semangka, melon, atau buah apa saja, yang penting bisa membuat orang luar tertarik untuk berkunjung. Sementara tanaman buah yang sekarang berhasil, di Desa Pasanggar ini,” pungkasnya. Tribun Jatim Travel 
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
ip-172-31-12-245

source

× Pesan Travel