Cegah Pungli, Tim Saber Pungli Diminta Sering Turun ke Lapangan Cek Tarif Parkir hingga Calo Tiket – Tribun Banyumas

TRIBUNJATENG, SEMARANG – Kepala Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) pusat Brigjen Pol Bambang Pristiwanto meminta Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Jateng rutin turun ke lapangan untuk mencegah terjadinya pungli, terutama di sektor wisata dan transportasi, selama masa Idulfitri 2023.
Cara ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga selama menikmati libur Lebaran.
Hal ini disampaikan Bambang saat memimpin rapat koordinasi terkait pencegahan pungli di Kantor Inspektorat Jateng, Senin (17/4/2023).
Baca juga: Jadi Korban Pungli di Pelabuhan Kartini? Lapor Saja ke Posko Satgas Mafia Milik Kejari Jepara
Bambang mengatakan, di masa libur Lebaran ini, dua sektor yang perlu mendapat perhatian adalah transportasi dan pariwisata.
“Jangan sampai ada rasa tidak nyaman di masyarakat karena masih ada praktik pungli, misalnya parkir liar, tarif parkir tidak sesuai ketentuan, calo tiket, dan sebagainya,” kata Bambang dalam keterangan tertulis yang diterima.
Menurut Bambang, UPP dan Pemda memiliki peran penting dalam melakukan mitigasi pencegahan pungli di sektor transportasi dan pariwisata.
“Tadi, semua sudah memaparkan hambatan dan kendala, semua punya tanggung jawab mendukung kelancaran perayaan Lebaran dan arus mudik.”
“Salah satunya, dengan menghilangkan adanya pungli pada layanan transportasi dan wisata,” katanya.
Jenderal polisi bintang satu itu menambahkan, upaya pencegahan pungli yang bisa diterapkan di antaranya menggalakkan budaya cashless, pembayaran dengan e-money, serta UPP melaksanakan pengawasan secara rutin dan patroli secara rutin.
Rapat yang digelar Inspektorat Pemprov Jateng ini dihadiri pejabat lintas sektoratl, di antaranya, Plt Inspektur Jawa Tengah Dhoni Widianto, yang juga menjabat sebagaiWakil Ketua 1 Satgas Saber Punglu Jateng; anggota Sekretariat Satgas Saber Pungli pusat Kombes Pol Etiko Pamartohadi; serta Satgas Saber Pungli kabupaten/kota di Jateng yang hadir secara virtual.
Baca juga: Sopir Truk di Purbalingga Gelar Konvoi, Protes Penilangan Truk ODOL Jadi Ladang Baru Praktik Pungli
Wakil Ketua 1 Satgas Saber Pungli Jateng Dhoni Widianto mengatakan, seluruh UPP di Jateng menyambut baik rapat koordinasi tersebut.
“Ini adalah monitoring dan supervisi sebagai tindak lanjut rakor yang dipimpin Irwasum, bahwa UPP perlu pemetaan lebih mendalam untuk mengantisipasi dan memberantas pungli di sektor transportasi dan pariwisata selama masa Lebaran atau Hari Raya Idulfitri,” kata Dhoni.
Dia menambahkan, sebelum ini, Satgas Saber Pungli Jateng sudah membuat edaran kepada UPP kabupaten/kota terkait langkah-langkah antisipasi mencegah terjadinya pungli selama Lebaran berlangsung.
Dalam rakor itu, Kepala UPP Jateng Kombes Pol Bambang Hidayat dan kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jateng turut memaparkan langkah antisipasi terjadinya pungli pada sektor transportasi yang meliputi transportasi darat, laut, dan udara.
Selain itu, Plt Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jateng Purwanto, turut memaparkan langkah antisipasi dalam mencegah potensi pungli di sektor pariwisata.
Seusai rapat, tim melakukan inspeksi mendadak (sidak) lapangan dengan mendatangi Stasiun Tawang Semarang dan Terminal Bawen, Kabupaten Semarang. (*)
Baca juga: Apes, 167 Warga Miskin di Wonogiri Ditolak Ikut Program Listrik Gratis. Data Dipakai Pihak Lain
Baca juga: Tak Ingin Terjebak Macet di Ajibarang Banyumas saat Mudik? Hindari Melintas di Jam-jam Berikut

source

× Pesan Travel