Bus Trans Semanggi Surabaya Buatan Karoseri Tentrem Mulai Beroperasi Hari Ini – Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews, Dafit Adi Prasetyo
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Layanan bus koridor di perkotaan kembali hadir menyapa warga Surabaya, dengan layanan bus Trans Semanggi Surabaya. Bus ini mulai beroperasi hari ini ,1 Februari 2022.
Namun, bus yang beroperasi baru melayani 1 koridor dengan rute Lidah Wetan – Karang Menjangan – ITS. Sebanyak 17 unit armada diterjunkan untuk melayani rute ini dengan jeda keberangkatan tiap 12 menit.
Dikutip dari Kompas, Selasa (1/2/2022), bus ini menggunakan bodi buatan Karoseri Tentrem dengan nama Velocity W5. Bodi ini merupakan generasi terbaru dari model Velocity yang biasa digunakan Transjakarta.
Staf sales Karoseri Tentrem Dimas Raditya menjelaskan, bus baru ini menggunakan sasis low floor Mercedes Benz 0500U 1726. Sasis tersebut memang berbeda dengan tipe sasis yang sering digunakan untuk armada bus malam.
Baca juga: Punya Bagasi Jumbo untuk Angkut Motor, PO 27 Trans Rilis Bus Terbaru Buatan Karoseri Adiputro
Sasis Mercedes Benz 0500U 1726 memiliki tenaga 260 TK di 2.200 rpm dan torsi 950 Nm di 1.200 rpm-1.600rpm serta menggunakan transmisi ZF Ecolife 6 percepatan yang diklaim bisa menghemat bahan bakar hingga 10 persen jika digunakan di mesin diesel konvensional bus kota.
Suspensi udara yang digunakan juga dapat membuat ketinggian lantai bus dengan jalan dapat disesuaikan naik dan turun.
Bus Trans Semanggi Surabaya menggunakan kombinasi warna merah dan hitam. Selain itu dipasang juga rak sepeda yang ada di bagian depan bus.
Saat ini layanan bus Trans Semanggi Surabaya masih gratis, atau tidak dipungut biaya. Namun saat naik bus prosedur tap kartu tetap dilakukan dengan menggunakan flazz BCA, tap cash BNI, e-money Mandiri atau brizzi BRI.

source

× Pesan Travel