Bangkalan Terus Poles Sepakbola Usia Dini, Festival Suramadu Cup Diikuti Ratusan Pemain se-Jatim – Surya.co.id

SURYA.CO.ID, BANGKALAN – Bangkalan semakin menegaskan diri sebagai basis pembinaan sepakbola usia dini berjenjang di Jatim yang menjadi embrio bagi persepakbolaan profesional di masa mendatang. Kali ini Bangkalan Soccer Academy (BSA) menggelar festival sepak bola usia dini bertajuk Suramadu Cup Kelompok Usia (KU) yang diikuti tim-tim KU 10 dan KU 12 di Stadion Gelora Bangkalan, Minggu (4/12/2022).
Event tahunan yang digelar BSA itu diikuti sebanyak 19 tim sekolah sepakbola di Jawa Timur. Pertandingan kali ini merupakan gelaran pekan kedua, pekan pertama sekaligus pembukaan digelar, Minggu (27/11/2022). Pertandingan penutup akan digelar pada minggu ketiga Desember, yakni Minggu (18/12/2022).
“Tujuannya untuk memberikan wadah pembinaan di usia dasar. Sehingga tim-tim yang mempunyai pembinaan usia dini mempunyai sasaran untuk menopang pembinaan di usia selanjutnya,” ungkap Ketua Panitia Suramadu Cup sekaligus Pendiri BSA, Imam Syafii.
Selain dari Bangkalan, sejumlah 19 tim itu berasal dari Sampang, Pamekasan, Surabaya, Sidoarjo, Gresik. Seperti Indonesia Soccer Academy (ISA) Sidoarjo, Rungkut FC Surabaya, Assyabaab Surabaya, Laga Sota BHP, Putra Samudra, PS HW Pamekasan, Putra Pahlawan, Trunojoyo, hingga BSA sendiri.
“Ada sembilan tim di KU 10 dan sebanyak sepuluh tim di KU 12. Selanjutnya kami akan menggelar KU 11 dan KU 13, dilanjutkan ada KU14 dan KU16. Ini terus dilakukan secara berkesinambungan oleh BSA,” jelas Magister Kesehatan dan Doktor di bidang olahraga kelahiran Desa Jaddih, Kecamatan Socah itu.
Sebelum Suramadu Cup, BSA juga sukses menggelar kejuaraan sepakbola berskala nasional bertajuk Bangkalan National Soccer Festival KU 10, KU 12, dan KU 14 di Stadion Gelora Bangkalan, Minggu (26/6/2022).
Bangkalan National Soccer Festival kedua tersebut digelar selama dua hari, 25-26 Juni 2022. Sebanyak 24 tim peserta terbagi menjadi tiga KU. Masing-masing KU berisikan 8 tim. Mereka berasal Mataram, Lombok, Denpasar Bali, Jember, Sidoarjo, Surabaya, dan Sampang.
“Ini sudah tahun keempat BSA menggelar event ini di Bangkalan. Kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab Bangkalan terutama kepada Dispora (Dinas Pemuda Olahraga) Bangkalan yang selalu mendukung kegiatan kami untuk pembinaan sepak bola usia dini,” pungkas Dosen Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) Universitas Surabaya (Unesa) itu.
Kepala Dispora Bangkalan, Akhmad Ahadiyan Hamid mengapresiasi konsistensi BSA dalam kurun waktu 4 tahun ini menggelar event festival atau kejuaraan sepak bola usia dini di stadion kebanggan masyarakat Bangkalan, SGB.
“Pesertanya luar biasa, ada dari beberapa daerah di Jatim. Terus terang Pak Imam dan Pak Sa’ad Asjari (Penasehat BSA) adalah penggerak sepak bola di Bangkalan. Saya harapkan ke depan lebih ditingkatkan dan bisa mempertahankan kegiatan ini,” singkat pejabat yang akrab disapa Dhiet itu. ****

source

× Pesan Travel