5 Jalur Kereta Api Terindah di Indonesia, Bisa Lihat Pegunungan – Kompas.com – Travel

5 Jalur Kereta Api Terindah di Indonesia, Bisa Lihat Pegunungan
KOMPAS.com – Perjalanan jauh dengan kereta api mungkin terbilang cukup membosankan bagi sebagian orang.
Kendati demikian, ada jalur-jalur tertentu yang menyajikan pemandangan indah yang membuat perjalanan menjadi menyenangkan dan berkesan.
Jika ingin menikmatinya sembari merayakan Hari Kereta Api Nasional, berikut jalur kereta api terindah di Indonesia yang Kompas.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/9/2021):
Baca juga:
Rute Jakarta-Bandung dan sebaliknya yang ditempuh dengan KA Argo Parahyangan relasi Bandung-Gambir merupakan salah satu jalur dengan pemandangan paling indah.
Sebab, penumpang ditawarkan pemandangan bentang alam yang beragam. Mulai dari perbukitan, sawah, sungai, hingga lembah akan terlihat dengan mudah.
Selain itu, perjalanan dengan KA Argo Parahyangan juga akan membawa penumpang melintasi Jembatan Cikubang.
Jembatan sepanjang 300 meter dengan ketinggian 80 meter ini memiliki pemandangan perbukitan berundak yang sayang untuk tidak didokumentasikan.

Jembatan Cikubang, salah satu jembatan kereta api di Indonesia.SHUTTERSTOCK / By Akhmad Dody Firmansyah Jembatan Cikubang, salah satu jembatan kereta api di Indonesia.

Jalur KA terindah lainnya adalah rute Jakarta-Surabaya yang ditempuh menggunakan KA Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi.
Wisatawan dapat melihat hamparan petak sawah dan perkebunan. Letak jalur ini yang dekat dengan pesisir utara Jawa juga memungkinkanmu untuk menikmati pemandangan laut Jawa.
Jalurnya yang cukup berliku di dekat tepi laut juga mungkin tidak akan membuatmu merasa bosan dan mengantuk.
Jalur KA Purwokerto-Jakarta dapat dilalui menggunakan KA Serayu relasi Purwokerto-Pasar Senen. Pemandangan yang dapat dilihat oleh wisatawan adalah pegunungan dan perbukitan.
Penumpang KA Serayu juga akan diajak melintasi tepi sungai melalui Jembatan Serayu yang dilengkapi dengan pemandangan perbukitan, serta terowongan yang menembus perut gunung.
Jalur lainnya yang memiliki pemandangan indah adalah jalur Blitar-Malang dengan KA Penataran relasi Garum-Malang.

Jembatan Serayu, salah satu jembatan kereta api di Indonesia.SHUTTERSTOCK / By Muhammad Senopati Jembatan Serayu, salah satu jembatan kereta api di Indonesia.

Pemandangan yang terlihat di sepanjang perjalanan kereta adalah hamparan sawah, perkebunan warga, perbukitan dengan sawah berundak, hutan jati, dan pegunungan.
Saat melintasi hutan, KA akan melintasi jalur yang berliku dan beberapa “terowongan” yang muncul dari rimbunnya pepohonan pada sisi kanan dan kiri jalur.
Jalur Malang-Jakarta dengan KA Mutiara Selatan relasi Malang-Gambir merupakan jalur KA terjauh dan jarak tempuh terlama, yakni lebih kurang 20 jam.
Kendati demikian, pemandangan yang disuguhi mungkin akan membuatmu lupa akan jarak dan waktu tempuh yang lama tersebut.
Wisatawan dapat menikmati pemandangan perbukitan, pegunungan, serta hutan lebat melalui jalur berliku yang dilintasi KA Mutiara Selatan.
Selama perjalanan, penumpang akan melewati Jembatan Cirahong yang menawarkan pemandangan sawah berundak, sungai, dan perbukitan dengan pepohonan rindang—pemandangan yang akan terlihat jika sedang tidak berkabut.
Jika ingin menikmati pemandangan tersebut, kamu bisa mencari informasi lebih lanjut melalui call center (021)121, WhatsApp +628111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Kunjungi kanal-kanal Sonora.id
Motivasi
Fengshui
Tips Bisnis
Kesehatan
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source

× Pesan Travel