20 Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Harus Diborong – Okezone Travel

KOTA SURABAYA di Jawa Timur dikenal mempunyai banyak tempat wisata yang menarik.
Setelah menghabiskan waktu di Surabaya, wisatawan bisa membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang sebagai makanan di rumah atau kenang-kenangan.

Berikut oleh-oleh khas Surabaya yang bisa kamu borong:
1. Sambal Bu Rudy
Oleh-oleh ini merupakan sebuah sambal dalam toples yang dijual beraneka rasa. Ada sambal bawang, sambal udang sambal bajak dan berbagai sambal lainnya. Harganya menang terbilang mahal yakin Rp25 ribu per toples untuk satu varian sambal. Namun tenang saja, rasanya dijamin enak.
Ada tiga toko yang menjual sambal ini, kamu bisa datang ke Jalan Dharmahusada 140 Surabaya, Jalan Kupang Indah 31 Surabaya, dan Jalan Anjasmoro 45 Surabaya.
2. Almond Crispy
Makanan renyah berbentuk kepingan ini patut dijajal. Kerenyahan dan aneka rasa membuat lidah kamu bergoyang lho. Almond Crispy Cheese tersedia dalam berbagai rasa Green Tea, Cokelat, Blueberry, Stawberry, dan Durian.
Bahan utamanya, tentu kacang almond ditambah keju, gula, mentega, tepung, dan bahan lain sampai terciptalah makanan ini.
3. Kue Lapis Surabaya
Sesuai dengan namanya, kue lapis ini memilki kekhasan tersendiri dari Surabaya. Bolu lapis yang digulung ditambah dengan selai stroberi makin menambah kelezatan kue lapis Surabaya.
Lapis Surabaya mempunyai tekstur yang lebih empuk dan halus, sedangkan saat disentuh akan terasa lebih basah atau lembap. Mulanya kue ini termasuk makanan tradisonal, namun nyatanya kue lapis adalah kue dengan rasa premium karena memerlukan bahan yang cukup banyak.
Dalam satu resep pembuatannya, bisa menghabiskan telur sebanyak 20 buah untuk membuat rasanya lebih terasa. Sekarang kue ini sering dimodifikasi sehingga terlihat kekinian. Topping buah-buahan maupun cream makin menambah kelezatannya.
infografis

4. Kaos Cak Cuk
Sekarang kita selingi dengan oleh-oleh non kuliner ya Okezoners. Jika di Bali ada kaos Joger, di Yogyakarta ada Dagadu atau Mirota, maka kalau kamu ke Surabaya jangan lupa mampir ke outlet resmi Cak Cuk di Jalan Mayjen Sungkono 35, Jalan Kedungcowek 71, Jalan Ahmad Yani 263 Surabaya, dan Bandara Juanda (depan Gate 4).
Kaos ini memiliki desain unik dan beirisi kritik sosial yang luwes. Kaos oblong ini dirintis oleh Hendra Wardhana dan Dwita Roesmika di tahun 2005.
Agar bisa mendapatkan kaos Cak Cuk, kamu hanya butuh merogoh kocek sebesar Rp44 ribu bagi anak-anak. Sedangkan untuk orang dewasa Rp64 ribu. Oiya lebih baik kamu membeli langsung di toko resmi, khawatir jika membeli di tempat lain kamu dikasih barang palsu.
5. Kue Mete
Kue yang terbuat dari tepung, mentega, garam, telur, gula, minyak nabati, dan bahan utamanya mente atau mete ini dicetak bentuk bulat dan pipih. kue ini punya rasa yang enak dan lembut apabila masuk ke dalam mulut.
Di bawah kue ini terlihat gosong, namun tidak memiliki rasa pahit. Kenikmatannya makin terasa saat menggigit bagian tengah kue ini yang berisi mete.
Kalau mau membelinya, ada satu merek yang cukup terkenal yakni Wisata Rasa. Silakan tanya Arek-arek Suroboyo di mana kamu bisa mendapatkan itu.

6. Sepatu khas Wedoro
Sepatu yang diambil dari nama Desa Wedoro di Kecamatan Waru, Sidoarjo ini cukup terkenal. Di desa ini mayoritas warganya bekerja sebagai pengrajin tas dan sepatu. Bahkan mereka telah membentuk Asosiasi bagi para pedagang tas dan sepatu yang jumlah anggotanya mencapai 600 orang.
Kemampuan produksi pengrajin di Wedoro sekitar 100 grosir / minggu / perajin. Di Waru, Kabupaten Sidoarjo, ada 17 desa, 9 diantaranya menjadi pusat industri sandal dan sepatu, yaitu Wedoro, Kepuh Kiriman, Brebek, Wadung Asri, Tambak Rejo, Ngingas, Tropodo, dan Janti.
7. Batik Khas Surabaya
Oleh-oleh selanjutnya da Batik khas Surabaya. Batik ini dikenal juga dengan nama batik Seru yang merupakan singkatan dari Seni Batik Mangrove Rungkut. Motif batik ini terinspirasi dari hutan bakau. Bahkan tinta yang digunakan untuk membatik pun didapat langsung dari mangrove.
Umumnya, motif ini didominasi warna cerah. Desainnya sendiri menggambarkan jenis mangrove yang tumbuh di sekitar Pantai Wonorejo. Proses pembuatan batik dari mangrove untuk mangrove ini membuat batik Seru semakin unik. Tak hanya itu saja, ketika terpapar sinar matahari batik ini akan tampak bercahaya.
8. Vallens Cake Surabaya
Dari namanya saja kamu tentu sudah tahu kue bole ini siapa pemiliknya? Ya, Via Vallen lah pemilik usaha Vallens Cake Surabaya. Kue ini memiliki beraneka jenis rasa. Kue tersebut berbentuk hati dengan beragam topping. Ada keju, cokelat, meses, stroberi dan lainnya.
Kamu bisa mendapatkan kue lezat ini di Jl. Dharmahusada No.172, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60285.
9. Bandeng Asap
Sebenanrnya, oleh-oleh ini aslinya berasal dari Sidoarjo. Namun, karena banyak peminatnya sang pemilik usaha membuka cabang di Surabaya. Bandeng Asap adalah sebuah makanan berbahan ikan bandeng yang cara mengolahnya dengan asap. Kamu bisa mendapatkan makanan ini di sejumlah toko oleh-oleh seperti Toko Bogajaya, Toko Sudi Mampir, dan Toko Bandeng Juwana.
10. Jenang dan Sirup Mangrove
Makanan dan minuman yang satu ini terdengar tidak biasa. Karena kedunya baik jenang maupun sirup berasal dari bunga mangrove. Ini hasil buah tangan para petani di Jalan Sonnetaria yang mengubahnya menjadi hidangan lezat.
Jenang mangrove ini berwarna cokelat dengan tekstur kenyal dan rasa legit. Jenang biasanya dibungkus dengan pelepah pisang kering. Untuk sirup mangrove, rasanya cenderung asam manis dan segar saat disajikan dingin. Sirup ini dipercaya mengandung vitamin A dan C serta yodium juga antioksidan yang baik bagi tubuh.
11. Buna Rendang Surabaya
Bunarendang merupakan singkatan dari Burger Nasi Rendang. Bunarendang adalah makanan cepat saji dengan lauk rendang khas Padang beserta nasi yang dibentuk menyerupai burger. Burger yang biasanya menggunakan roti, di sini diubah menggunakan nasi yang dicetak seperti roti.
Sekelompok mahasiswa Institut Sepuluh Nopember (ITS) ialah pencipta Buna Rendang. Mereka terinspirasi dari pamor rendang yang masuk ke dalam jajaran 50 kuliner lezat di dunia versi CNN.
Bunarendang dapat Anda temukan di beberapa titik seperti di kawasan Manyar, Swalayan Sakinah ITS, Fakultas Ilmu Budaya Unair dan kawasan Dukuh Kupang.
12. Guna guna Snack
Makanan home industry ini dibuat oleh seorang yang bernama Achmad Bagus Nur Sandy. Ia membuat dan menjual hanya menggunakan rumah tinggalnya di Jalan Jajar Tunggal Utara Surabaya.
Untuk jenis snack kering ada empat varian yang diproduksi, dari Semprit Keju Ovomalt, Schuimpjes, Almond Crispy, hingga Soes Kering Renyah. Sementara jenis snack basah, ada Macaroni Schotel, Spiku Ovomalt/Nutella, Ontbijtkoek w/Lotus Biscoff, Proll Tape, hingga Panada, Lumpia Macaroni hingga Misoa Goreng.
13. Kerupuk Ikan Kenjeran
Kerupuk yang berasal dari wilayah pesisir Kenjeran ini menjual aneka kerupuk. Harganya berkisar dari Rp10-Rp80 ribu untuk ¼ kilogram. Ada krupuk ikan terung, tripang, tenggiri, udang, Lorjuk, layur, teri, pari krupuk ikan kakap, keripik gerinting udang, keripik layur, keripik ikan paus dan masih banyak yang lainnya.
14. Spikoe Resep Kuno Surabaya
Kue lapis ini merupakan jajajan legendaris. Resepnya pun merupakan campuran dari Belanda dan Indonesia. Ada rasa original, isian kismis, dan menu spesial lainnya.
Bagi kamu yang mau membelinya bisa langsung ke outlet resminya di Jl. Rungkut Madya 41 Surabaya.
15. Kue Bikang Peneleh
Di Surabaya, tepatnya di Peneleh, ada kue bikang spesial yang dibuat oleh toko kue bikang Peneleh. Bedanya bikang peneleh dan bikang lain adalah rasanya yang khas dan dibuat dengan bahan-bahan sederhana namun menghasilkan bikang istimewa.
Bahan yang digunakan untuk menciptakan bikang adalah tepung beras, santan, dan gula serta pewarna alami. Untuk pewarnanya sendiri dibuat dengan bahan alam, seperti hijau dari daun pandan dan cokelat dari bubuk cokelat plus moka.
Harganya cukup murah yakni berkisar Rp3.500 sampai Rp5.000, kamu bisa membelinya di Pasar Atum stand promosi tahap III, Surabaya.
16. Fruit Cake Glory
Glory Cake adalah merek roti yang menawarkan aneka macam roti dengan rasa buah-buahan mulai dari rasa nanas, Apel, Stawberry, mangga, dan durian. Ada juga varian lain yang tak kalah enaknya yakni pada jenis red velvet dan pia keju. Dengan rasa yang enak walaupun rasa dari buah-buahannya tidak terlalu terasa, namun nyatanya memilki banyak peminat setia.
Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengeluarkan uang antara Rp60.000 sampai Rp75.000 , tergantung varian yang dibeli. Harga itu rasanya sangatlah tepat, mengingat roti ini telah dibalut dengan kemasan yang baik dan sulit ditembus udara luar agar roti di dalamnya tetap awet walau melakukan perjalanan jauh.
17. Sambal Cuk
Sambal Cuk merupakan sambal tradisional rumahan dalam kemasan untuk pecinta makanan pedas yang mencari sensasi dalam santap makanan. Sambal Cuk tidak hanya pedas tetapi juga membuat masakan menjadi lebih lezat karena terbuat dari bahan-bahan pilihan yang diolah secara tradisional modern dan sudah teruji berkualitas standart internasional. Kata CUK ternyata merupakan singkatan dari Cabai Ulek Kemasan.
18. Abon Sapi Padmosusastro
Untuk mendapatkan abon tersebut, kamu bisa mengunjungi Jalan Padmosusastro di Surabaya, sedanakan untuk alamat bu Sarti ada pada jalan Jl Padmosusastro nomor 86. Untuk usaha milik bu Sarti sendiri, terdapat dua varian rasa yang dibuat yakni pedas dan manis dengan merek Abon Sapi Bu Sarti.
Harga dalam satu kilogramnya mulai dari Rp47.500 bahkan banyak yang kerap kembali membeli abon ini bolak-balik.
19. Bebek Djangkep
Bebek Djangkep semacam restoran cepat saji dengan menu andalannya yakni bebek. Ada berbagai menu di antaranya Bebek bumbu Kuning, Bebek betutu dan juga olahan ayam.
20. Surabaya Snow Cake
Bisnis oleh-oleh ini merupakan miliki artis Zaskia Sungkar. Kue yang bertabur ‘salju’ini lebih mirip dengan kua lapis. Namun terdapat perbedaan seperti ketiga bagiannya yang sepenuhnya berbeda, yang paling atas dan yang paling bawah, sama-sama terbuat dari pastry yang renyah.
Sedangkan bagian tengahnya dibuat dari roti yang memiliki warna cokelat. Keunikannya adalah penggunaan ‘salju’ di atasnya yang notabene adalah gula pasir yang halus sehingga mirip salju.
Berita Terkait
Bagikan Artikel Ini
Berita Lainnya
© 2007 – 2022 Okezone.com,
All Rights Reserved

source

× Pesan Travel