13 Wisata Pantai di Malang, Ada yang Mirip Bali dan Raja Ampat – Kompas.com – Kompas.com

13 Wisata Pantai di Malang, Ada yang Mirip Bali dan Raja Ampat

KOMPAS.com – Kabupaten Malang, Jawa Timur memiliki wisata alam pantai yang tidak kalah indah dengan wilayah pesisir lainnya. Bahkan, beberapa pantai di Malang disebut mirip Bali hingga Raja Ampat.
Sebagian besar pantai di Malang berada di bagian selatan yang berbatasan dengan Samudera Hindia. Apabila ditarik garis lurus, maka gugusan pantai di Malang sejajar dengan deretan pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Baca juga: 10 Wisata Alam Malang, Surga Tersembunyi di Jawa Timur
Maka, tak heran jika pantai-pantai di Malang memiliki pemandangan nan cantik. Berikut 13 pantai di Malang yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata kamu saat liburan.
Pantai Balekambang merupakan salah satu pantai terkenal di Malang. Pantai ini memiliki Pura Amertha Jati yang berada di pulau karang, sehingga kerap disebut mirip Tanah Lot di Bali.

Ilustrasi pantai - Pantai Balekambang di Malang Selatan.SHUTTERSTOCK Ilustrasi pantai – Pantai Balekambang di Malang Selatan.

Pulau karang tersebut bernama Pulau Ismoyo. Untuk menuju ke pulau tersebut, pengunjung harus menyeberangi jembatan sepanjang 70 meter.
Pantai Balekambang berada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Tepatnya sekitar 58 kilometer (km), dengan jarak tempuh satu jam 48 menit dari Kota Malang menggunakan mobil.
Sekitar 6,6 km dari Pantai Balekambang, atau 16 menit perjalanan, wisatawan akan menemukan Pantai Ngantep. Pantai ini masih alami dengan ombak yang cukup besar sehingga wisatawan tidak disarankan berenang di sekitar pantai.
Baca juga: 7 Wisata Pantai di Malang Selatan, Ada Pantai Balekambang
Pantai Ngantep memiliki tebing karang setinggi 50 meter yang ditumbuhi pepohonan. Pengunjung bisa melihat pemandangan pantai dari atas tebing, namun harus mendaki medan yang cukup terjal terlebih dulu.
Melanjutkan perjalanan dari Pantai Ngantep ke arah timur, wisatawan dapat menemukan Pantai Bengkung. Geografis Pantai Batu Bengkung serupa dengan Pantai Ngantep, yakni memiliki batu karang besar di sekitar pantai.

Ilustrasi pantai - Pantai Batu Bengkung di Malang Selatan.SHUTTERSTOCK Ilustrasi pantai – Pantai Batu Bengkung di Malang Selatan.

Ombak di Pantai Batu Bengkung ini cenderung besar, sehingga wisatawan tidak disarankan berenang. Sebagai gantinya, kamu bisa berenang di cekungan sedalam 1,5 meter yang terletak di tepi pantai.
Air dalam cekungan tersebut berasal dari empasan ombak lepas saat pasang. Namun ketika surut, maka air dalam cekungan tersebut juga hilang sehingga pengunjung tidak bisa berenang. Lokasi Pantai Batu Bengkung di Desa Gajahrejo, Gedangan, Kabupaten Malang.
Nama Bajulmati diambil dari bahasa Jawa ‘bajul’ yang berarti buaya. Konon, saat pertama ditemukan terdapat buaya mati di pantai ini.

Ilustrasi Malang - Jembatan Bajul Mati yang terletak dekat dengan Pantai Bajul Mati di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.SHUTTERSTOCK / raditya Ilustrasi Malang – Jembatan Bajul Mati yang terletak dekat dengan Pantai Bajul Mati di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

Lokasinya tak jauh dari Pantai Batu Bengkung, yakni sekitar 4 km. Pantai Bajulmati terkenal dengan garis pantai yang panjang, sehingga wisatawan bisa melakukan banyak kegiatan di tepi pantai.
Pantai ini juga dikelilingi tebing-tebing karang serta memiliki hamparan pasir pantai bersih. Lokasi Pantai Bajulmati di Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.
Tak jauh dari Pantai Bajulmati, terdapat Pantai Ungapan. Pantai ini memiliki beberapa pulau-pulau karang kecil di lepas pantai sehingga menyajikan panorama yang indah.
Baca juga: 5 Tips ke Gunung Bromo via Malang Naik Sepeda Motor, Awas Rem Blong
Pantai Ungapan merupakan lokasi berkemah. Bahkan, ada lokasi khusus Pantai Ungapan Bumi Perkemahan. Wisatawan bisa bermalam di tenda sepanjang lokasi perkemahan. Pantai Ungapan terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.
Selain keindahan panorama pantai, Pantai Watu Leter merupakan habitat penyu abu-abu. Jika beruntung, wisatawan bisa melihat penyu-penyu bertelur di Pantai Watu Leter.
Ada beberapa batu karang kecil di tepi pantai, sehingga menambah keunikan Pantai Watu Leter. Ada pula hutan bakau dan muara sungai Sitiarjo yang bisa ditelusuri dengan menyewa perahu.

Ilustrasi pantai - Pantai Watu Leter di Malang Selatan.SHUTTERSTOCK Ilustrasi pantai – Pantai Watu Leter di Malang Selatan.

Lingkungan Pantai Watu Leter masih asri. Wisatawan dapat berenang di tepi pantai lantaran ombak Pantai Watu Leter cenderung tenang. Pantai Watu Leter berlokasi di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.
Pantai Goa Cina dulunya bernama Pantai Rowo Indah. Konon, sekitar 20 tahun silam ditemukan mayat etnis Tionghoa serta tulisan China di salah satu goa di sekitar pantai, sehingga nama pantai diubah menjadi Pantai Goa Cina.
Terdapat tiga pulau yang berada di lepas pantai, yaitu Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina dan Pulau Nyonya. Lokasi Pantai Goa Cina berada di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.
Pantai Teluk Asmara kerap dijuluki Raja Ampat karena memiliki geografis yang mirip dengan surga di Papua Barat itu.
Selain memiliki pasir putih dan warna laut yang biru jernih, pantai ini juga memiliki hamparan pulau-pulau kecil yang bisa dilihat dari ketinggian dengan menaiki anak tangga.

Ilustrasi pantai - Pantai Teluk Asmara di Malang Selatan.SHUTTERSTOCK Ilustrasi pantai – Pantai Teluk Asmara di Malang Selatan.

Pemandangan Pantai Teluk Asmara dari ketinggian ini menjadi spot favorit pengunjung. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan Pantai Teluk Asmara di beberapa gazebo yang telah disediakan.
Baca juga: 8 Wisata Malam di Malang dan Batu yang Populer dan Instagramable
Pantai Clungup berada dalam satu kawasan bersama dengan Pantai Teluk Asmara, Pantai Goa Cina, dan Pantai Tiga Warna. Keunikan dari Pantai Clungup adalah memiliki hutan konservasi bakau, yakni Clungup Mangrove Conservation.

Pengunjung menyeberang laut di antara Pantai Gatra dan Pantai Clungup, Sabtu (8/8/2015). Pantai Gatra dan Clungup merupakan dua pantai di kawasan konservasi mangrove di Desa Sendang Biru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Perpaduan wisata pantai dan jelajah alam bisa kita nikmati sekaligus saat menuju dua pantai tersebut. KOMPAS/DAHLIA IRAWATI Pengunjung menyeberang laut di antara Pantai Gatra dan Pantai Clungup, Sabtu (8/8/2015). Pantai Gatra dan Clungup merupakan dua pantai di kawasan konservasi mangrove di Desa Sendang Biru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Perpaduan wisata pantai dan jelajah alam bisa kita nikmati sekaligus saat menuju dua pantai tersebut.

Ombak di Pantai Clungup cukup tenang karena pantai ini dilindungi pulau-pulau karang kecil di lepas pantai. Pantai Clungup masih jarang didatangi wisatawan, sehingga suasananya masih asri.
Pantai ini memiliki hamparan pasir putih bersih. Selain itu, pengunjung bisa mendirikan tenda di sekitar Pantai Clungup.
Sesuai namanya, pantai ini memiliki air laut dengan gradasi tiga warna, yaitu biru, hijau, dan coklat kemerahan. Tentunya, gradasi warna tersebut menciptakan pemandangan yang luar biasa bagi pengunjung.

penampakan pantai tiga warnaKOMPAS.com/Lenny Septiani penampakan pantai tiga warna

Konon, gradasi tiga warna tersebut berasal dari pembiasan cahaya matahari dan vegetasi plankton di Pantai Tiga Warna. Pantai ini merupakan kawasan rehabilitasi dan konservasi mangrove, terumbu karang, serta hutan lindung.
Baca juga: Rute ke Malang Night Paradise, Bisa Naik Transportasi Umum
Pengunjung juga bisa bermain snorkeling di Pantai Tiga Warna karena ombaknya cenderung tenang. Pantai ini berlokasi di Jalan Sendang Biru, Sumbermanjing, Malang.
Jika wisatawan ingin menyantap ikan laut, maka datanglah ke Pantai Sendang Biru. Di sana, para nelayan menjajakan berbagai pilihan ikan yang siap untuk diolah dan disantap sambil menikmati matahari terbenam.

Ilustrasi pantai - Pantai Sendang Biru di Malang Selatan.SHUTTERSTOCK Ilustrasi pantai – Pantai Sendang Biru di Malang Selatan.

Pantai Sendang Biru berhadapan dengan Pulau Sempu, hanya terpisahkan oleh Selat Sempu yang tidak terlalu lebar. Oleh karena itu, biasanya pantai ini digunakan sebagai pintu masuk menuju Pulau Sempu yang merupakan kawasan cagar alam.
Baca juga: 13 Tempat Wisata di Malang untuk Liburan Seru Bersama Keluarga
Lokasi Pantai Sendang Biru yang berseberangan dengan Pulau Sempu menjadi daya tarik wisata pantai ini. Pantai ini terletak di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.
Pantai Sendiki merupakan pantai yang masih asri dengan hamparan pasir putih bersih. Ombak di Pantai Sendiki cenderung besar, sehingga wisatawan harus berhati-hati.

Sejumlah wisatawan saat bermain ayunan di Pantai Sendiki, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (8/1/2017).KOMPAS.com/ANDI HARTIK Sejumlah wisatawan saat bermain ayunan di Pantai Sendiki, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (8/1/2017).

Namun, akses jalan menuju Pantai Sendiki belum beraspal yang membelah pematang sawah. Lokasi Pantai Sendiki berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.
Pantai Lenggoksono merupakan surga bagi para peselancar karena memiliki ombak setinggi dua meter. Lenggoksono dan pantai di sekitarnya disebut juga Pantai Bowele (akronim dari Bolu-bolu, Wediawu, dan Lenggoksono) menjadi incaran para peselancar.

Seorang peselancar tengah beraksi dalam Singhasari International Surfing Exhibition yang berlangsung di Pantai Lenggoksono, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (17/10/2016). Sejak dua tahun lalu, pantai ini mulai dikenal sebagai tempat selancar.KOMPAS/DEFRI WERDIONO Seorang peselancar tengah beraksi dalam Singhasari International Surfing Exhibition yang berlangsung di Pantai Lenggoksono, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (17/10/2016). Sejak dua tahun lalu, pantai ini mulai dikenal sebagai tempat selancar.

Bagi wisatawan yang tidak berselancar, mereka bisa menikmati keindahan dunia bawah laut melalui snorkeling. Ada beberapa lokasi menarik, di antaranya Teluk Kletaan dan Pantai Banyuanjlok.
Pantai ini terkenal memiliki kekayaan laut yang melimpah mulai dari ikan tuna, cakalang, hingga lobster. Tak hanya itu, Pulau Gadung di kawasan Pantai Lenggoksono juga dijadikan lokasi konservasi lobster mutiara, lobster pasir, dan lobster batu.
Baca juga: 10 Wisata di Kota Batu dan Malang, Pas Dikunjungi Saat Libur Nataru
Pantai Lenggoksono berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Kunjungi kanal-kanal Sonora.id
Motivasi
Fengshui
Tips Bisnis
Kesehatan
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source

× Pesan Travel