10 Tempat Wisata untuk Ngabuburit di Kota Malang – Kompas.com – Kompas.com

10 Tempat Wisata untuk Ngabuburit di Kota Malang
KOMPAS.com – Dalam hitungan hari, umat Islam akan menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah. Di Indonesia sendiri, datangnya bulan Ramadhan disambut dengan suka cita.
Salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu selama puasa adalah waktu ngabuburit, atau menunggu datangnya azan Magrib tanda buka puasa.
Biasanya, ngabuburit dihabiskan bersama keluarga atau teman. Jika kamu berada di Kota Malang, Jawa Timur, maka kamu patut mencoba ngabuburit di sejumlah tempat wisata ini.
Baca juga: Semboyan Kota Malang Jawa Timur beserta Makna dan Asal Usulnya

Alun-alun Malang.WIKIMEDIA COMMONS/CHRISTOPHE95 Alun-alun Malang.

Alun-alun Kota Malang merupakan salah satu lokasi favorit ngabuburit warga Kota Malang.
Dikutip dari Kompas.com, Minggu (30/1/2022), beragam aktivitas dapat dilakukan di area publik ini sembari menunggu azan Magrib. Mulai dari bersepeda, bersantai di bawah pohon, bermain bersama anak, hingga berfoto.
Pengunjung juga bisa duduk santai di sekitar alun-alun sembari menikmati hiruk pikuk Kota Malang.
Tak lupa, banyak penjual makanan dan minuman di sekitar alun-alun, sehingga wisatawan bisa leluasa memilih takjil untuk berbuka puasa.
Alun-alun Kota Malang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat. Pengunjung hanya perlu membayar parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.
Baca juga: 13 Tempat Wisata di Malang untuk Liburan Seru Bersama Keluarga
Masjid Agung Jami Malang atau lebih dikenal sebagai Masjid Agung Malang berada tepat di depan Alun-alun Kota Malang.
Para muslim bisa mengisi waktu ngabuburit dengan mendengarkan kajian atau membaca Al-Qur’an di masjid. Alternatif lainnya, kamu bisa berkeliling melihat arsitektur Masjid Agung Malang.
Dilansir dari situs web Masjid Agung Malang, masjid yang berdiri pada 1890 itu mempunyai dua gaya arsitektur, yaitu arsitektur Jawa dan Arab.
Arsitektur Jawa terlihat dari bentuk atap lama masjid, sedangkan arsitektur Arab tampak dari bentuk kubah di menara masjid dan konstruksi lengkung di pintu dan jendela.
Baca juga: Bella-Vista, Rumah Peninggalan Belanda di Malang yang Kini Tak Terawat

Alun-alun Tugu Malang atau Alun-alun BundarShutterstock/Daniel Ferryanto Alun-alun Tugu Malang atau Alun-alun Bundar

Selain Alun-alun Kota Malang, masih ada alternatif tempat ngabuburit lainnya di Kota Malang, yakni Alun-alun Tugu Kota Malang. Alun-alun ini juga dikenal sebagai Alun-alun Bundar.
Lokasinya berada di depan Balai Kota Malang. Terdapat sebuah monumen kokoh berdiri di tengah alun-alun yang dikelilingi kolam.
Monumen tersebut merepresentasikan bambu tajam. Maknanya adalah senjata yang digunakan pertama kali oleh bangsa Indonesia untuk melawan Belanda dalam upaya merebut kemerdekaan, dikutip dari situs web Program Pengembangan Kota Hijau Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR.
Bangunan monumen yang berada di tengah melambangkan pusat dari lima penjuru mata angin.
Masyarakat dapat menghabiskan waktu ngabuburit sembari duduk santai di taman sekitar Alun-alun Tugu.
Baca juga: 13 Wisata Pantai di Malang, Ada yang Mirip Bali dan Raja Ampat

Hutan Kota Malabar MalangDok. http://sim.ciptakarya.pu.go.id Hutan Kota Malabar Malang

Jika kamu ingin menunggu azan Magrib sembari menikmati suasana lama, maka Hutan Kota Malabar bisa menjadi alternatif.
Lokasinya berada di Jalan Malabar, Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang.
Sesuai namanya, Hutan Kota Malabar berada di kawasan perkotaan, seperti dikutip dari situs web Program Pengembangan Kota Hijau Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR.
Selain pepohonan, area publik ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, antara lain jogging track, foot therapy, dan arena edukasi alam.
Jadi, warga Malang dan sekitarnya bisa menghabiskan waktu ngabuburit sembari menikmati sejumlah fasilitas tersebut.
Baca juga: 25 Wisata Hits dan Kekinian di Malang, Banyak Spot Foto Instagramable

Monument Panser Anoa 6×6 yang ada di pojok Taman Trunojoyo, Kota Malang, Minggu (19/8/2018)KOMPAS.com/Andi Hartik Monument Panser Anoa 6×6 yang ada di pojok Taman Trunojoyo, Kota Malang, Minggu (19/8/2018)

Taman Bentoel Trunojoyo atau Taman Cerdas Trunojoyo lebih dikenal dengan nama Taman Trunojoyo. Letaknya cukup strategis karena berdekatan dengan Alun-alun Tugu dan Balai Kota Malang.
Fasilitas di Taman Trunojoyo cukup lengkap, sebagaimana dilansir dari laman Kementerian PUPR. Di antarany gazebo, area taman, tempat duduk, taman refleksi, dan arena kuliner.
Bahkan, taman ini menyediakan arena bermain untuk anak-anak. Jadi, obyek wisata masyarakat ini sangat cocok untuk mengisi waktu ngabuburit bersama keluarga khususnya jika kamu membawa serta anak kecil.
Baca juga: Itinerary Wisata Malang 1 Hari, Bisa Cicip Kuliner Legendaris

Sejumlah pengunjung saat menaiki skybike di Taman Singha Merjosari, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (15/12/2016).KOMPAS.com/ANDI HARTIK Sejumlah pengunjung saat menaiki skybike di Taman Singha Merjosari, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (15/12/2016).

Kota Malang memiliki sejumlah taman kota yang bisa menjadi alternatif tempat ngabuburit, salah satunya Taman Singha Merjosari. 
Pengunjung bisa mendatanginya di Jalan Mertojoyo Selatan Blok B No 20, Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.
Dikutip dari Tribun Travel, Selasa (22/3/2022), Taman Singha Merjosari merupakan pilihan tempat ngabuburit murah meriah di Kota Malang.
Ada beragam aktivitas seru yang dapat lakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa. Mulai dari olahraga, jalan-jalan sore, hingga sekadar duduk-duduk santai.
Taman ini juga memiliki fasilitas cukup lengkap, antara lain dari toilet, jogging track, gazebo, area taman, serta arena bermain.
Baca juga: 7 Wisata Pantai di Malang Selatan, Ada Pantai Balekambang

Situasi di Taman Slamet Kota Malang, Kamis (4/11/2021).KOMPAS.COM/ANDI HARTIK Situasi di Taman Slamet Kota Malang, Kamis (4/11/2021).

Taman Slamet memiliki desain taman modern, menurut laman Kementerian PUPR.
Terdapat dekorasi berbentuk pegunungan yang bermakna bahwa Kota Malang dikelilingi enam gunung, yakni Gunung Arjuna, Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Kawi, Gunung Kelud, dan Gunung Panderman.
Area ini menjadi spot foto favorit para pengunjung saat berkunjung ke Taman Slamet. Adapun alamatnya di Jalan Taman Slamet No 8, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang.
Jangan khawatir, terdapat beragam pedagang makanan dan minuman di area taman mulai dari soto, gado-gado, makanan ringan, hingga minuman.
Jadi, kamu bisa ngabuburit sembari berfoto di Taman Slamet.
Baca juga: Flora Wisata San Terra Malang, Cocok untuk Berburu Foto Instagramable
Merbabu Family Park atau lebih dikenal dengan nama Taman Merbabu adalah salah satu tempat ngabuburit di Kota Malang yang dapat dikunjungi bersama keluarga.
Beberapa aktivitas dapat dilakukan di Taman Merbabu, antara lain berolahraga, bermain dengan anak-anak, dan duduk santai.
Selain itu, di kawasan Taman Merbabu ini juga sudah disediakan bangku-bangku yang bisa digunakan para pengunjung. Pengunjung pun bisa menghabiskan waktu ngabuburit sembari bersantai di Taman Merbabu.
Baca juga: Flora Wisata San Terra Malang, Cocok untuk Berburu Foto Instagramable
Meski bukan tempat wisata, kawasan Jalan Soekarno-Hatta ini patut dipertimbangkan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu menjelang buka puasa pada Ramadhan 2022.
Kawasan ini terkenal sebagai salah satu pusat keramaian di Kota Malang, dilansir dari laman Pemerintah Kota Malang. Jika pada hari biasa ruas jalan dipadati kendaraan, saat menjelang buka puasa, Jalan Soekarno-Hatta menjadi pasar takjil.
Beragam makanan dan minuman untuk berbuka puasa dijajakan di kawasan tersebut.
Sehingga, kawasan Jalan Soekarno-Hatta Malang ini patut buat dipertimbangkan untuk menjadi lokasi ngabuburit.
Baca juga: Itinerary Wisata Malang 2 Hari 1 Malam, Menikmati Sunset dan Kuliner

Ilustrasi Kampung Warna-warni Jodipan, Malang.SHUTTERSTOCK/AKTURER Ilustrasi Kampung Warna-warni Jodipan, Malang.

Kampung Warna-warni Jodipan menjadi alternatif obyek wisata untuk ngabuburit. Lokasinya cukup strategis di kawasan Kota Malang sehingga dapat dicapai oleh wisatawan.
Dikutip dari Kompas.com, Rabu (2/9/2020), setiap rumah hingga lorong di perkampungan ini memiliki warna-warna cerah.
Beragam spot foto Instagramable bisa ditemukan di Kampung Warna-warni Jodipan, mulai dari lorong payung, tangga warna-warni, sampai jembatan kaca.
Tempat wisata ini beralamat di Kelurahan Jodipan, sekitar 10 menit jalan kaki dari Stasiun Kota Malang. 
Kamu bisa menghabiskan waktu ngabuburit sembari berburu foto di Kampung Warna-warni Jodipan.
Baca juga: Kampung Warna-warni Jodipan, Tempat Wisata Hits di Kota Malang

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Kunjungi kanal-kanal Sonora.id
Motivasi
Fengshui
Tips Bisnis
Kesehatan
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source

× Pesan Travel